Kamis, 11 September 2014

Filosofi Simpul

Simpul adalah ikatan nya kuat tetapi mudah di uraikan nya kembali.
Dalam tali temali kita sering menyamakan arti antara tali, simpul dan ikatan, padahal sebenarnya mereka memiliki perbedaan :
- Tali adalah bendanya
- Simpul adalah antara tali dengan tali
- Ikatan adalah antara tali dengan benda lain (umpamanya dengan kayu dan sebagainya)
 
 Sebagaimana Maksud dibuat Simpul Hadrah Ikhwanusshofa, yakni mengikat dengan kuat jalinan silaturrahim antara beberapa grup binaan Hadrah Ikhwanusshofa, tapi dengan mudah menguraikan beberapa perbedaan pendapat dan pemikiran dengan azas kekeluargaan.

Jika diibaratkan sebuah grup itu adalah tali, simpulnya adalah bagian dari binaan Hadrah Ikhwanusshofa, dan Ikatan itu selalu menjalin silaturrahim dengan baik dengan grup-grup lain di luar manajemen Hadrah Ikhwanusshofa. 
Kita mengetahui bahwa tambang atau tali banyak sekali kegunaannya di dalam kehidupan masyarakat. Di masyarakat pedesaan orang menggunakan tali untuk mengikat barang-barang miliknya, misalnya: mengikat leher ternak, membuat jemuran, mengangkat balok dan lain-lain. 
Berdasarkan pada Filisofi itu, kita dapat mengambil pelajaran bahwa grup yang baik itu adalah bisa menjadi panutan, contoh yang baik bagi grup-grup lain. bermanfaat dan berguna pula pada grupnya, pada keluarganya, pada masyarakat sekitar dengan menanamkan nilai-nilai kebajikan dalam kesehariannya. 

Sehingga manfaat dari berkumpul sambil mendawamkan sholawat dengan iringan hadrah pun jadi lebih bermakna. Dengan metodologi Hadrah,  akan timbul rasa syukur kepada Allah SWT, lalu perlahan kita bisa mengetahui akhlak, sifat dan perjalanan Risalah Sang Nabi SAW. Yang lama-kelamaan hal itu akan menambah ke-khusukkan dalam bermunajat kepada Allah SWT. Dan terjalin hubungan yang harmonis antara orang-orang terkasih disekitar kita.

Seraya berdo'a :

Ya Allah perbaikilah hubungan antar kami, harmoniskanlah hati kami dan  jadikahlah kami hamba-hamba-Mu yang bersaudara. Ya Allah kami bermohon kepada-Mu ketulusan niat, kebersihan hati, serta keikhlasan dalam segala pengabdian kami kepada-Mu.  

Ya Allah sucikanlah -–demi anugerah dan kemurahan-Mu-- apa yang kami niatkan dan ucapkan serta antarlah kami meraih semua yang kami mohonkan Wahai Tuhan Yang  penuh kebajikan dan Yang kepada-Nya berlabuh segala urusan.  

Ya Allah tumbuh kembangkanlah di hati kami pohon yang baik, yang akarnya teguh dan cabangnya (menjulang)  ke langit dan yang berbuah --atas izin-Mu-- setiap saat. Ya Allah  jadikanlah kami saling berkasih sayang di antara kami sambil ruju', sujud, taat, dan patuh kepada-Mu guna meraih anugerah dan ridha-Mu. Semoga engkau limpahkan shalawat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, Nabi yang ummi beserta keluarga dan sahabatnya, dan limpahkan pula keberkahan dan keselamatan.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar