- Di telinga sepintas terdengar dua nada. Dan Jika dipecah akan ada lima nada yg berbeda. masing-masing nada tersebut mempunyai peranan yang tidak sama
- Dalam rumusan baku hanya tertulis D dan T. Kemudian bisa dikembangkan lagi menjadi D, T, t, t², dan C
- Dari nada² tersebut maka bisa dibagi lagi menjadi tiga bagian pukulan. Pertama Anakan, kedua Nikahan, dan ketiga Golong .
- Anakan: adalah jenis pukulan yg menitikberatkan pada irama dan tempo. Sehingga ketukannya pun harus jelas, lugas dan bersih (clean)
- Nikahan: jenis pukulan yg fleksibel dan tentative. Bebas berekspresi dan pelaku dalam perubahan nada yang dinamis serta harmonis.
- Golong : sebagai guide/pemandu cepat lambatnya pukulan. Dalam istilah musik biasa disebut metronome. Perannya bersinergi dg Anakan.
- Dalam hadrah, Pikiran dan hati menjadi aspek paling penting dalam kualitas musikalitas itu sendiri. Karena musiknya itu jiwa, syairnya cinta.
- Musiknya itu jiwa; tidak hanya tangan yg bergerak. Aliran darah, degup jantung, hembusan nafas menjadi satu harmoni dalam ketukannya.
- Syairnya itu cinta; bagian terindah dari cinta itu sendiri adalah do'a, pujian, kisah kasih Sang Maha Pengasih untuk Yang Terkasih.
- Oleh karena itu, hendaknya dimainkan dalam kondisi jasmani & rohani yang bersih. Sehingga Hakikat Hadroh itu menjadi Hadir.
Terima Kasih
Asay Hanafi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar